Search

Thursday, April 30, 2009

WARNING! Hati-Hati Dengan Website Facebook Palsu


Buat pengguna Facebook saat ini harus lebih hati-hati dengan andanya Phishing Scam model terbaru dengan menggunakan alamat Facebook palsu, saat ini beredar message yang masuk ke Inbox dengan judul “Look at this!” atau link yang bernama fbstarter.com. 

Jangan coba-coba membuka link tersebut atau link lain seperti FBaction.net meski tampilannya sama dengan halaman login Facebook tetapi perhatikan alamat URL di bagian atas yang menunjukkan kalau halaman tersebut halaman palsu Facebook. Apa efeknya kalo sempat masukin username plus pasword-nya? secara otomatis program jahat spammer akan bekerja dengan mengirimkan secara otomatis pesan di wall atau inbox seluruh Friend yang ada di daftar, yang lebih parah lagi pengguna asli account tersebut tidak bisa lagi mengakses account Facebook-nya karena telah diambil alih spammer.

Kembali ke arti Phishing di jagat maya yang berarti pengelabuan berasal dari kata fishing atau memancing, dalam hal ini memancing informasi account yang kita miliki misalnya username dan password atau data pribadi pengguna seperti alamat email atau nomor kartu kredit misalnya. Pengelabuan ini menggunakan alamat website yang sama persis dengan aslinya sehingga pengguna alan terkecoh dan memasukkan semua data yang diinginkan, contoh kasus adalah website perbankan atau website yang seharusnya memiliki sekurity tinggi (umumnya alamatnya diawali dengan https:// bukan http://).

Untuk menghadapi Phising ini, cara termudah adalah tidak terkecoh untuk mengklik link yang mengatasnamakan atau tampilan sama dengan Facebook dan perhatikan baik-baik alamat URL di sebelah atas browser sebelum memasukkan username & pasword dan kalau udah terlanjur masuk dan tertipu segera reset password dan lapor ke pihak Facebook untuk mengaktifkan kembali account anda (barusan tadi juga dicoba ternyata langsung kena dan terpaksa reset pasword!!!). Hati-hati mungkin saat ini message tersebut belum masuk di Inbox atau Wall anda tetapi Phishing Scam ini menyebar cukup pesat apalagi bagi user dengan Friend sejumlah 5 ribu orang.

Screenshoot Message:

Written By: tamtomo
Comment on Facebook


1 comment:

Anonymous said...

thanks infonya bro. mohon izin buat di share ke temen2 jg..