Search

Friday, January 25, 2013

Introducing Vine, New Social Network To Create & Share Short Looping Videos



Vine is the best way to see and share life in motion. Create short, beautiful, looping videos in a simple and fun way for your friends and family to see. 
 • Unlimited uploads and free • Instantly post videos on Vine, then share to Twitter and Facebook (more coming soon!) • Find, follow, and interact with people close to you • Explore trending posts, featured hashtags and editor's picks • And so much more  Vine supports iPhone 3GS and higher. Download via App Store http://get.vine.co/ 

Kemaren Twitter melalui Vine Labs, Inc. merilis layanan baru video sharing berdurasi singkat hanya 6 detik yang instant yang berhadapan langsung dengan Facebook. Termasuk gonjang-ganjing hari ini memuncak perseteruan keduanya dengan adanya block Vine yang tampil di Facebook, beberapa waktu lalu justru Instagram (layanan milik Facebook) di block di Twitter dan hanya berupa link singkat.

Lalu apa itu Vine dan cara pakai-nya? Menurut situsnya, Vine adalah layanan berbasis mobile yang memungkinkan pengguna membuat secara instant dan mengunggah video singkat. Vine berbeda dengan layanan video sharing YouTube atau Vimeo yang berdurasi panjang.

Layanan Vine juga memungkinkan pengguna share video singkat tersebut ke followers atau teman yang ada di Twitter maupun Facebook atau layanan sosial medi alain dalam bentuk short link. Untuk saat ini layanan Vine baru tersedia untuk pengguna iOS (iPhone & iPod touch) dengan mendownlod aplikasi di http://get.vine.co/ dan cara mendaftar juga mudah hanya menggunakan akun Twitter atau bisa menggunakan alamat imel. Setelah mendownload aplikasi, sign up dan atur sedikit yang ada di "setting" lalu cari temen-temen di daftar kontak atau di Twitter dan Facebook yang menggunakan layanan Vine ini.

Cara menggunakan aplikasi Vine ini termasuk membuat video dan share video sangat mudah, klik logo kamera di kanan atas trus arahkan kamera ke objek dan tahan layar sampai mulai merekam beberapa detik.

Layanan Vine saat ini masih bersifat public dalam hal privacy karena semua orang yang mendapatkan link akan dapat melihatnya dan tak terbatas teman di Vine  Tetapi saat ini Vine juga memungkinkan hanya menyimpan video rekaman tersebut ke galeri "camera roll" iPhone saja tanpa upload ke Vine

Buat yang gemar berbagi lokasi juga dapat menambahkan lokasi upload video karena layanan Vine uga terintegrasi dengan layanan lokasi Foursquare yang memudahkan pengguna upload video yang disertai keterangan dan lokasi pengambilan video. Silahkan lihat contoh video singkat yang diupload dan share via Vine di http://vine.co/v/b59ZOt5DliU

Ada tips buat yang share video Vine selain ke Twitter dan Facebook yakni ke layanan blogging Tumblr sbb:

- Buka terlebih dahulu aplikasi Tumblr for iOS
- Create new post dan select video dari menu Option
- Pilih video yang diinginkan
- Pilih Vine dan upload ke Tumblr


Mau menampilkan/ embed video Vine di Blog/ website atau layanan lain yang menerima format HTML? Caranya juga gampang, buka tweet yang memuat postingan Vine trus klik "More" trus pilih "Embed Tweet" dan copy paste Code HTML yang ada di situ ke Tumblr atau blog/ website (contoh seperti dibawah).



Screenshot: 









No comments: